Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Keuangan Bagi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Untuk Jangka Panjang

Ilustrasi: habapendidikancom

Sudah bukan rahasia lagi jika tidak semua orang memperoleh penghasilan yang layak, bahkan sebagian besar ada yang berada di bawah rata-rata. Oleh karena itu banyak sekali dari kita yang pada akhirnya harus mencari sumber penghasilan lain, dan terkadang justru mengganggu kinerjanya dalam menuntaskan pekerjaan utamanya. Keadaan tersebut juga banyak terjadi oleh rekan-rekan pendidik, baik yang berstatus sebagai pendidik, dan tenaga kependidikan sekolah negeri maupun sekolah swasta. dikutip dari data.kemendikbud.go.id terdapat sekitar 728,461 pendidik berstatus honorer, tentu jumlah tersebut yang sudah terdata dalam dapodik masing-masing sekolah. Bagaimana dengan yang belum terdata ? tentu tidak terhitung secara pasti..

Mungkin bagi sebagian rekan-rekan pendidik yang telah memenuhi kualifikasi bisa saja mengikuti PPG, memperoleh NUPTK, atau mengikuti PPPK. Sehingga tingkat kesejahteraan pun juga turut diperhatikan. Lalu, bagaimana yang belum memenuhi kualifikasi ? namun, terus mengabdikan diri sebagai pendidik, maupun tenaga kependidikan dengan harapan dimasa depan sebagai semangat dan pengobat rasa lelah. Walaupun harapan tersebut hanyalah sebuah harapan dimasa tua…

Oleh karena itu sebagai seorang pendidik sangat penting untuk mengelola keuangan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari anda sambil tetap mencapai tujuan jangka panjang. Karena tidak peduli berapa banyak uang yang dihasilkan setiap bulan. Jika, tidak memahami dan mengelola keuangan dengan baik. Maka, anda akan berada dalam masalah seumur hidup.

Bukan hanya itu, berbagai tujuan yang ingin dicapai di masa depan mungkin tidak akan terwujud jika pengelolaan keuangan yang anda miliki tidak efektif. Ada beberapa teknik pengelolaan uang yang dapat anda terapkan sekarang juga, agar semua tujuan dan rencana di masa depan dapat terwujud.

  • Membuat catatan keuangan

Membuat catatan pemasukan dan pengeluaran keuangan adalah salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan bagi setiap orang termasuk bagi seorang pendidik. Karena pembuatan catatan keuangan dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja keuangan yang dimiliki di tahun yang akan datang . jika anda belum memahami cara membuat laporan keuangan secara manual , ada beberapa aplikasi software keuangan yang dapat di maksimal kan  guna mempermudah  proses manajemen keuangan anda.

  • Buat perencanaan keuangan

Buat perencanaan dari catatan pemasukan dan pengeluaran yang dimiliki. Membuat perencanaan keuangan dapat anda lakukan setiap bulan atau bahkan setiap minggu nya. Selama proses ini , Anda harus membuat laporan keuangan yang jelas dan terperinci. Hal itu penting agar anda dapat menggunakan uang yang anda miliki secara efektif, dan efisien. 

Memiliki sumber penghasilan lain, juga perlu dipertimbangkan dan direncanakan. Agar anda memiliki lebih banyak peluang untuk mencapai tujuan keuangan Anda dalam waktu yang lebih singkat. Namun, pilihan sumber penghasilan yang tidak menguras terlalu banyak energi anda. Karena hal tersebut tentu tidak baik bagi tanggung jawab anda sebagai seorang pendidik, dan tenaga ke pendidik kan.

  • Sesuaikan gaya hidup dengan kemampuan

Besar kecilnya gaji seseorang terkadang tidak bisa menjadi acuan bahwa orang tersebut bisa mencapai tujuan finansial sesuai yang sudah ditargetkan. Karena setiap orang umumnya memiliki standar gaya hidup yang berbeda-beda. Termasuk anda sebagai seorang pendidik apakah penghasilan anda sudah sesuai yang anda inginkan, atau belum. Sebaiknya milikilah gaya hidup sesuai kemampuan, atau bisa juga menerapkan gaya hidup sederhana. Keputusan ini tentunya akan berpengaruh terhadap keadaan keuangan anda dimasa mendatang.

  • Biasakan Menabung

Sejak kecil tentu saja kamu sudah sering diajari menabung. Namun, apakah kamu sudah melakukannya dengan baik di kehidupan sehari-hari? Sayangnya, ada beberapa orang justru mengaku sulit menabung karena merasa penghasilannya tidak terlalu besar untuk mereka dapat menyisihkan uang. Padahal berapa pun penghasilan anda, anda bisa saja menabung. Bukan seberapa banyak yang disisihkan untuk menabung. Tetapi, memiliki budaya menabung itu yang lebih penting.

  • Siapkan Dana Darurat

Keadaan diluar dugaan bisa saja terjadi termasuk anda sebagai seorang pendidik. Oleh karena itu mempersiapkan dana darurat adalah keputusan yang bijak.

  • Hindari Berhutang

Sering kali ada hal yang membuat kita perlu mengeluarkan biaya lebih besar, sebaiknya melihat kembali apakah itu merupakan skala prioritas. Apakah itu sesuatu yang mendesak, dan jika itu bisa dikesampingkan sebaiknya lebih baik menahan diri. Hindari berhutang untuk sesuatu yang tidak perlu.





5 komentar untuk " Cara Mengatur Keuangan Bagi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Untuk Jangka Panjang"

  1. Wah terimakasih Tips Nya Om, Sebagai Website pe didikan Cermateuorg Mampir di sini Sangat Suka Dengan Tulisanya dan memberi inspirasi baru oh iya kalo mau cari soal soal dan jawaban

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas support dan dukungannya..

      Hapus
  2. Terima kasih sudah menulis ini! It helps me a lot!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama", terima kasih atas kunjungan dan dukungannya..

      Hapus
  3. terima kasih updatenya. lanjutkan gann

    BalasHapus