Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Umum Dalam Mengelola Keuangan Sekolah Swasta

 

Karena guru hanya memiliki waktu yang terbatas untuk menyelesaikan masalah disiplin atau belajar tentang operasional sekolah. Mereka terus - menerus di sibuk kan dengan berbagai tugas operasional setiap hari. Selain itu, manajemen arus kas yang buruk dapat menyebabkan berbagai macam permasalahan, termasuk kegiatan belajar dan mengajar.

Kegagalan dalam memantau dan pengelolaan arus kas dapat menempatkan sekolah pada berbagai macam masalah dan risiko kebangkrutan. Hal ini terjadi karena sekolah tidak akan berkembang jika pendaftaran tidak ditingkatkan.

Ilustrasi: magcoid

Berfokus pada kuantitas tidak akan efektif jika kekurangan kualitas di beberapa dimensi. Berikut adalah beberapa masalah umum yang harus dihindari oleh sekolah:

  • Kurangnya Pemantauan Terhadap Arus Kas Sekolah

Sekolah yang berkembang biasanya memiliki keuangan sekolah yang baik dan melibatkan pengelolaan rekening bank sekolah, pemeriksaan bulanan atas laporan laba rugi, dan mengawasi kewajiban pajak. Orang yang bekerja di sekolah harus memahami bagaimana sekolah beroperasi secara finansial sehingga dapat memberikan pendidikan yang berkualitas .

Pemegang otoritas sekolah tidak hanya hanya ketat dalam mengelola pengeluarannya untuk memastikan arus kas mengalir dengan lancar. Namun, kehati - hatian harus dilakukan saat menjalankan tugas. Kelola keuangan sekolah dengan benar dan beri tenggat waktu yang mengikat untuk setiap piutang. Hal ini harus dilakukan guna mengurangi kemungkinan tagihan yang parah di hari berikutnya. 

  • Tidak Memiliki Prospek Jangka Panjang

Memiliki gagasan yang baik mengenai pendapatan dan pengeluaran sebelumnya dan saat ini merupakan titik awal yang baik. Untuk mengelola keuangan sekolah yang efektif, tentu saja perlu mengantisipasi kekurangan dana sebelum situasi seperti itu muncul. Karena upaya dan waktu yang dihabiskan untuk perencanaan dan pengelolaan arus kas jauh lebih berharga.

  • Manajemen Arus Kas Tidak Menggunakan Metode yang Benar

Kegigihan arus kas yang baik merupakan keunggulan kompetitif. Akibatnya, administrator sekolah mendapat manfaat dari satu platform yang memungkinkan mereka bekerja secara efisien dan efektif.

Banyak aspek operasi sekolah dapat dibuat lebih efisien dengan memanfaatkan solusi otomatis. Misalnya, pembuatan dan penyimpanan dokumen dengan rekan kerja, serta peningkatan kinerja sekolah secara keseluruhan.

  • Mengacuhkan Keterlambatan Pembayaran

Penerimaan yang terlambat bisa menimbulkan masalah bagi keberlangsungan sekolah. Karena saat pelanggan menunda pembayaran maka akan sulit bagi sekolah untuk membayar operasional. Pengelola sekolah harus memiliki jumlah uang masuk yang lebih besar daripada keluar. Namun jika pelanggan tidak membayar sesuai waktu yang ditentukan, maka arus kas keluar pasti akan lebih besar daripada arus kas masuk karena kurangnya kas yang dimiliki.


1 komentar untuk " Kesalahan Umum Dalam Mengelola Keuangan Sekolah Swasta"

  1. Mantap, Skill bendahara di sekolah swasta memang wajib diutamakan dalam mengelola keuangan

    aplikasipendidikan.net

    BalasHapus