Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudahkah kamu mencintai dirimu sendiri ?

Sebagai makhluk sosial, hidup berdampingan dengan manusia lainnya adalah hal yang perlu dijaga. Karena hakikatnya manusia tidak akan bisa lepas dari perasaan saling membutuhkan, dan saling dibutuhkan. 

Ilustrasi: portalkotamobagu

Namun, realitanya banyak diantara kita justru menilai berlebihan tentang makna kehadiran orang lain dalam hidupnya. Bahkan hidup dalam kendali orang lain, dan mengabaikan perasaan menghargai diri, dan mencintai diri sendiri.

Padahal dengan menghargai diri sendiri, dan mencintai diri sendiri terlebih dahulu akan membuat membuat diri menjadi lebih bahagia, damai, dan terhindar dari stress karena terlalu memperhatikan orang lain dan mengabaikan diri sendiri.


Sudahkah kamu mencintai dirimu sendiri ?

Ada banyak sekali tanda-tanda kalau seseorang belum mencintai diri sendiri, namun disini aku merangkum menjadi 3 tanda utama. Yuk cek sama-sama apakah kita termasuk seseorang yang belum mencintai diri sendiri.


Buat kamu yang kurang lebih mudah memahami dengan cara mendengar  dibanding dengan membaca. Aku udah siapin audio materi di bagian bawah artikel ini, dan kamu bisa dengerin sepuasnya. 


Ada beberapa tanda seseorang belum mencintai dirinya sendiri, dan menurut aku ini yang utama.


  1. Selalu Ahli Menilai Kekurangan Diri

Setiap orang  memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, karena setiap orang unik. Namun dalam kehidupan sehari-sehari, seseorang cenderung lebih mudah menilai kekurangan diri sendiri. Bahkan jika diminta untuk membuat daftar kekurangan dan kelebihan. Daftar list kekurangan jauh lebih banyak, daripada kelebihan. 

Bakat menilai kekurangan diri sendiri semakin luar biasa ketika tanpa sengaja melihat keberhasilan orang lain, Entah melalui media sosial, maupun dalam kehidupan nyata. 

Bahkan pada saat kerja tim, sering kali mengabaikan ide, dan gagasan diri sendiri tanpa disampaikan terlebih dahulu, padahal setiap orang memiliki hak untuk menyampaikan pendapat. 

Keadaan tersebut juga dapat diartikan sebagai sikap yang kurang mensyukuri segala sesuatu yang ada pada diri. Jika kamu merasakan ini ada di dirimu, maka kamu adalah seseorang yang belum mencintai diri sendiri.


  1. Cenderung Berkorban Demi Orang Lain

Memiliki hubungan yang baik dengan orang lain, bukan berarti selalu mengorbankan kehidupan pribadi demi orang lain. Selalu memprioritaskan orang lain, padahal setiap kebahagiaan orang lain bukanlah tanggung jawab kamu. Mungkin kamu merasa menyenangkan orang lain, kamu juga merasa bahagia. Namun, jika itu dilakukan secara berlebihan dan terus menerus. Maka, kamu akan kehilangan moment untuk diri kamu sendiri.Jika kamu merasakan ini ada di dirimu, maka kamu adalah seseorang yang belum mencintai diri sendiri.


  1. Sulit Berkata Tidak

Bersosial selalu identik dengan interaksi dan komunikasi. Melalui dua hal ini, seseorang akan menyampaikan keinginannya terhadap orang lain. Agar keinginannya dapat terwujud. Namun, jika kamu selalu mengiyakan perkataan orang lain, padahal kamu sadar sebenarnya kamu ada hal lain yang menurut kamu penting. Kamu tidak mampu berkata tidak, dan kamu cenderung merasa tidak enakan. Jika kamu merasakan ini ada di dirimu, maka kamu adalah seseorang yang belum mencintai diri sendiri.


Demikian artikel ini, semoga bermanfaat…..


1 komentar untuk "Sudahkah kamu mencintai dirimu sendiri ?"

  1. Wah saya banget tuh. Ada solusi atau terapi untuk mengatasi itu gak min? Agar diri sendiri seimbang dihargai dengan kepada orang lain. Terima kasih atas informasinya. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus