Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Terlepas dari Hutang Piutang Yang Layak di Coba


Hutang merupakan pinjaman berupa uang, atau benda yang memiliki nilai dan harus dikembalikan kepada pemiliknya. Sehingga ketika seseorang memiliki hutang, walaupun tampak baik-baik saja. Kehidupan dengan hutang yang harus dipikul tentu menjauhkan diri dari kebahagiaan, Hal tersebut sebenarnya cukup membuat stres. Oleh karena itu, kita harus menghilangkan atau melunasi hutang pribadi, atau hutang yang di pergunakan bagi pengembangan bisnis yang kita miliki sesegera mungkin.

Ilustrasi :detikcom


Jenis - Jenis Hutang

  • Hutang Jangka Pendek

Hutang jenis ini merupakan jenis hutang yang harus di bayarkan dengan tenggang waktu relatif pendek. Penentuan tenggang waktu pembayaran hutang biasanya sudah di tetapkan sejak awal, dan hutang jenis ini biasanya tenggang waktunya adalah di bawah 1 tahun.

  • Hutang Jangka Menengah

Hutang jenis ini merupakan jenis hutang yang harus di bayarkan dengan tenggang waktu lebih panjang dari tenggang waktu pada hutang jangka pendek. Penentuan tenggang waktu pembayaran hutang biasanya sudah di tetapkan sejak awal, dan hutang jenis ini biasanya tenggang waktunya antara 2 - 10 tahun.

  • Hutang Jangka Panjang

Hutang jenis ini merupakan jenis hutang yang harus di bayarkan dengan tenggang waktu lebih panjang dari tenggang waktu pada hutang jangka pendek, dan menengah. Penentuan tenggang waktu pembayaran hutang biasanya sudah di tetapkan sejak awal, dan hutang jenis ini biasanya tenggang waktunya diatas 10 tahun.

Tips Terlepas Dari Hutang Piutang

Menghilangkan hutang kita adalah kunci kebebasan finansial. Meskipun tidak ada metode khusus yang memungkinkan kita untuk segera membayar dan menghapus hutang kita, ada beberapa tips yang akan membantu kita menjalani kehidupan yang bebas dari hutang. Memenuhi komitmen keuangan kita merupakan cara untuk memastikan kesuksesan dalam kehidupan pribadi dan bisnis kita. Berikut adalah 4 tips untuk membantu kita terlepas dari hutang kita:

  • Buatlah daftar hutang yang di miliki

Buat daftar hutang yang kita miliki, baik itu hutang perorangan maupun lembaga, lalu urut kan dari yang kecil sampai yang besar. Jangan lupa juga untuk mencatat bunga bagi yang memberlakukan nya. Dengan cara ini, maka kita tahu kepada siapa saja kita berutang dan kita jadi tahu jumlah hutang yang kita miliki. 

  • Prioritaskan pembayaran

Dengan daftar hutang yang telah kamu catat dengan rapi, dan jika uangnya sudah ada. Cobalah dipergunakan untuk membayar hutang yang benar-benar mendesak, dan  bisa dengan mencicil sejak awal, agar pas di akhir tidak terlalu berat membayarnya.

  • Jangan menyelesaikan hutang dengan hutang lagi

Disaat kita bingung karena terlalu banyak hutang yang kita miliki, lalu berpikir untuk meminjam uang kepada orang lain atau bahkan lembaga untuk membayar hutang tersebut. ini merupakan cara yang perlu kamu hindari. 

Justru jika kamu meminjam untuk menutupi hutang lain malah justru membuat kita pusing dan ujung-ujungnya stress karena hutang yang kita miliki bukannya berkurang malah bertambah.

  • Jangan berutang lagi

Jika kita sudah melunasi hutang, alangkah baiknya jangan berutang lagi. Sebaiknya, lebih bijak lagi untuk melakukan pengeluaran yang kurang penting. Catat seberapa pengeluaran yang harus dikeluarkan dan untuk apa. Dengan catatan itu kita dapat membayar setiap tagihan dengan tepat waktu.

Hutang biasanya terjadi karena beberapa faktor, bisa karena keadaan yang mengharuskan kita mengutang atau kita nya yang tidak bisa melakukan manajemen keuangan dengan baik. Ingat hutang itu menjadikan hidup jadi pusing dan beban.

Tips Agar Terhindar Dari Hutang Piutang

  • Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Mencari sumber penghasilan tambahan menjadi perlu dilakukan ketika penghasilan utama dirasa kurang atau tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar, sedangkan pengeluaran sering kali tidak teratasi dari penghasilan utama yang sudah dimiliki.

Ada banyak sekali alternatif yang dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan, dari yang berbasis online, sampai dengan offline.

  • Terapkan Pola Hidup Sederhana

Menerapkan pola hidup sederhana menjadi perlu dilakukan, khususnya ketika menyadari bahwa penghasilan yang di miliki tidak mencukupi atau penghasilan yang dimiliki belumlah stabil. Sehingga ketika tidak menerapkan pola hidup sederhana, justru akan menggiring pada perilaku berhutang.

  • Budaya kan Untuk Menabung

Membudayakan diri, dan keluarga untuk menabung menjadi perlu dilakukan, karena proses kehidupan yang dijalani kadang kala diluar dugaan. Bahkan apabila sudah menyadari ternyata kondisi keuangan yang dimiliki belumlah stabil, dan cenderung kurang. Sehingga uang yang berhasil di tabung dapat di gunakan untuk kepentingan yang mendesak.

  • Bangun Relasi Sosial

Membangun relasi sosial, atau menjalin hubungan kekerabatan dengan siapapun khususnya dengan tetangga menjadi perlu dilakukan. Karena dalam menjalani kehidupan yang kadang kala diluar dugaan, bahkan setelah mempersiapkan untuk kemungkinan diluar dugaan. Namun, ternyata masih tidak mampu mengatasi. Orang lain adalah sosok yang dapat diandalkan, saling tolong menolong, bahu membantu, dan bergotong-royong. Sehingga membangun relasi adalah sesuatu yang harus di pertimbangkan sejak saat ini.


6 komentar untuk " Tips Terlepas dari Hutang Piutang Yang Layak di Coba"